Wednesday, April 15, 2009

Ganti ban, ngelas standard, nyetel karburator


Hari Senin pagi sebelum gua berangkat ke Jakarta buat meeting pameran, gua sempetin beli ban belakang buat motor gua. Ban lama udah cukup botak, garis pengamannya sudah kena, jadi daripada beresiko selip pas jalan licin lebih baik diganti. Gua beli ban di toko dekat rumah ci Patty, lumayan murah dan lengkap pilihan ban-nya. Gua beli ban merek Swallow ukuran 100/80 ring 16. Memang aneh ukurannya karena motor gua dari sononya udah kecil pelek belakangnya. Sekarang semakin mantap bawa motornya :)

Trus tadi siang gua mampir ke bengkel las, soalnya standar samping motor gua udah lemah jadi kalo parkir standar samping, motornya lebih rebah dari biasanya. Solusinya gua minta dilas besi hollow bulat diameter 3 cm buat ngeganjal standar samping. Kena ongkos 10 ribu, tadinya minta 15 ribu. Sekarang motor gua udah gak terlalu rebah lagi kalo standar samping :)

Oya, belakangan juga belajar nyetel2 karburator motor, lumayan simpang siur juga info yang gua dapat dari beberapa bengkel motor. Ada yang kebalik ngasih tahu mana stelan angin dan stelan bensin, ada yang punya 2 teori untuk jumlah putaran stelan angin. Akhirnya gua googling sendiri buat nambah info. Ternyata panduannya gampang banget, stelan bensin itu selalu yang diatasnya ada jarum skep bensin. Lalu putaran stelan angin dari kondisi menutup antara 1,5 - 2,5 putaran, setelah itu baru deh di setel bensinnya. Sekarang gua udah bisa setel langsam karburator.