Friday, December 15, 2006

Bapau



Kali ini mu tulis tentang Bapau... tenang gua gak ngebahas asal muasal bapau ini, tapi mau cerita usaha kecil-kecilan nyokap gua di rumah.
Awalnya sih karena ada bibi yang bikin bapau dan jualan di pasar. Trus karena pesanan makin banyak, nyokap gua yang emang bisa bikin bapau terima pesanan dikit-dikit. Itu kira-kira 5 tahun yang lalu.

Rupanya rejeki tidak lari kemana-mana, makin banyak orang yang memesan bapau ke nyokap. Dengan trademark Bapau 88, nyokap pun sampai invest beli mesin buat bikin adonan. Sementara ini bapau selalu dibuat berdasarkan pesanan, nyokap gak mau bikin tiap hari, soalnya kalo gak habis kan sayang.
Bapau ini biasanya diambil oleh yang pesen, tapi ada beberapa yang karena pesan banyak harus diantar. Yang jadi tenaga pengantar adalah bokap dan gua. Pernah sekali waktu bokap gua harus anter pesanan ke Bandung Utara yang jarak tempuhnya 45 menit, cuman buat anterin bapau 30 biji.

Selain bapau, nyokap juga bikin kueku (yang warnanya merah) buat dititip di pasar, itu juga tidak setiap hari.
Lumayan lah, dari usaha bikin bapau ini nyokap bisa menghemat uang belanja. :)
Harga bapau diusahakan tidak terlalu variatif, soalnya walau gimana juga kalo harga naik terus, orang gak akan beli. Padahal harga daging babi semakin mahal. Saat ini nyokap jual bapau daging babi spesial seharga Rp. 3000. Yang biasa Rp. 2750, yang isi kacang hijau (tau sa) Rp. 2000.
Lalu harga kueku Rp. 1500. Isinya ada kentang, kacang hijau dan kelapa.
Sekali waktu juga bikin yang isinya daging babi panggang warna merah (Casau)

Karena ini bapau gak pake pengawet jadinya gak tahan lama, tapi akibatnya rasanya enak terutama kulitnya.

Ada yang mau pesan? hihihi