Thursday, April 26, 2007

Suka-duka seorang desainer grafis

Apa aja sih yang dikerjain ama desainer grafis? Kayaknya seru banget deh, tinggal gambar-gambar, gak perlu urusan ama angka-angka atau target penjualan. Pokoknya FUN abis!!

Yah, itulah yang sering gua denger begitu tahu apa pekerjaan gua. Lewat posting ini gua mau kasih tahu semua KESENANGAN itu!! hehehe, met menikmati.

Biasa yang gua kerjain adalah merancang media promosi 2D, itu artinya yang dicetak, yah semacam Brosur, Poster, Flyer, X-Banner. Kadang kesulitannya kalau materi yang udah gua dapet direvisi ampe berkali-kali. Itu berarti memundurkan deadline waktu kerja gua. Kerjaan kayak gini butuh otak yang bebas dari masalah, soalnya kalo lagi ada masalah susah jadinya untuk berkreasi.Untuk mendukung kerjaan yang kayak gini, gua sering jalan-jalan ke mall, atau tempat lain, bukan untuk having fun, tapi untuk buka wawasan, lihat tren desain seperti apa aja.Dari kantor juga membolehkan gua untuk pergi ke pameran-pameran grafis.

Lalu ada juga gua ngerjain barang cetakan pendukung aktivitas kantor (blah.. apa pula itu), yah semacam Formulir, Kwitansi, Stempel, Kartu Nama, Kalender, dll, dsb. Nah kalo yang ini sih kurang menantang, soalnya dari tampilan grafis gak bisa gua utak-utik semau gua, soalnya udah ada pakemnya.

En ada juga desain produk. Ini yang paling menantang buat gua. Produk kantor gua adalah barang elektronik, dimana bagian desain elektronik tidak memikirkan bentuk akhir sebuah produk. Bentuk akhir itu gua yang pikirin. Mulai dari jenis bahan, ketebalan bahan, proses pembuatan, sampai kemasan dus.Biasanya kalo udah dapet kerjaan ini gua bakal meres otak, tapi asyik soalnya kadang seolah buntu tapi ada juga jalan keluarnya. Mulai dari pengaturan posisi konektor yang ribet, lalu ketelitian pengukuran yang sampai 2 angka dibelakang koma.

Meski stressful, tapi gua punya kepuasan sendiri kalo desain produknya berhasil. Bahkan beberapa dipuji sama manajemen kantor, soalnya idenya bagus banget.

Satu kerjaan gua yang paling membanggakan adalah produk yang namanya CyberBox. Ide awalnya gua harus memikirkan kemasan produk. Produknya adalah perangkat radio wireless yang digantung di tiang di luar rumah, istilahnya outdoor equipment. Nah dari manajemen mensyaratkan, kemasan harus murah, tahan cuaca dan mudah diproduksi.Nah lo, gua pusing seminggu gara-gara ini. Kalo gua bikin dari bahan pelat logam, berat dan harga jadi masalah. Kalau dari plastik, harga bengkak karena harus inject mould plastik yang harganya puluhan juta.


Akhirnya di pikiran gua terlintas untuk menggunakan pipa paralon PVC yang diameter lubangnya 9 inch. Pemikirannya simpel, bahan mudah didapat, lalu tinggal beli sumbat plastiknya dan semua syarat dipenuhi. Harga murah, ringan dan mudah diproduksi. Setelah gua ajuin, manajemen menanggapi positif banget. Akhirnya setelah 2 minggu eksperimen, barang itu jadi! Sekarang sudah terpasang ratusan buah di seantero kota Bandung. :P

Yah, itu dulu deh cerita tentang kerjaan gua. Menyenangkan bukan?! Di kerjaan ini gua masih bisa jalan-jalan ke luar kota bahkan ke luar negeri, masih bisa putar otak dengan cara yang menyenangkan. :D