Thursday, April 26, 2007

My Profession

Sekarang gua berprofesi jadi desainer grafis dan produk, gua senang dengan kerjaan seperti ini. Jadi pengen cerita asal-muasal dapetin kerjaan ini.

Dulu, semasa SMA gua bukan anak yang pinter, nilai pas-pasan, kejeblos di kelas IPA malah bikin stres, soalnya otak gua gak pinter-pinter amat. Buktinya nilau EBTANAS gua dihiasi warna merah, apalagi Matematika dapet 4!
Tapi meskipun gak pinter, gua sih enjoy-enjoy aja. Yah, dulu masih menganut paham mengalir seperti air aja.

Gua kenal komputer di sekolah, lalu diperkuat dengan adanya komputer di rumah paman, gua sering ikut belajar atau bikin tugas disana. Dari paman gua, gua diracunin ama program CorelDRAW, soalnya dia pakai program itu untuk kerjaan ngedesain pola sablon. Gak tahunya gua demen ama gambar-gambar gitu, akhirnya secara bertahap gua pelajari. Gak disitu saja, gua juga mulai belajar make program Photoshop.

Nah begitu lulus SMA, gua akhirnya milih kuliah yang belajar komputer grafis, karena potensinya bakal lumayan besar. Jadi gua masuk ke satu kampus, belajar 3 tahun tentang komputer grafis. Lucunya, apa yang gua dapet di kuliahan relatif udah gua tahu pas belajar sendiri. Ngenes emang, tapi apa boleh buat. Malah kadang ada trik yang dosennya sendiri tidak tahu, jadinya gua malah ngajarin dosen.

Tugas akhir kuliah, gua bikin situs sekolah swasta di Bandung. Waktu itu bikin situs pake Frontpage aja udah heboh, tapi gua maksa pake Dreamweaver yang lebih canggih. Hasilnya, gua dapet IPK tertinggi dari satu angkatan. :)

Selesai kuliah, gua ngelanjutin ngajar part-time di sekolah swasta yang dijadikan bahan tugas akhir. Sebenarnya gua udah mulai ngajar dari tingkat 2 bangku kuliah. Sekarang ngajar sambil masuk-masukin lamaran kerja ke tempat lain.

Gua minta ama Tuhan, pengen kerja yang enak, ada kaitan dengan kebisaan gua, gak suka yang behind the desk terlalu lama, masih bisa maen-maen, jalan-jalan, dll.

Akhirnya gua diterima masuk kerja di tempat gua sekarang, waktu itu tahun 2001. Nah, gua ditempatkan sebagai staf desain grafis. Dari situlah gua merangkak pelan-pelan sampai sekarang jadi supervisor. Ilmu grafisnya sudah lumayan berkembang, dan bahkan merambah ke desain produk. Suka-duka atau stress di kerjaan ini bakal gua pisah postingnya.

So, here I am, tukang gambar digital, tukang bikin produk, udah hampir 6 tahun mengarungi samudera kehidupan pekerjaan ini. :D