Monday, January 05, 2009

Proteksi USB Flashdisk

Pasti udah pernah kesel gara-gara USB FlashDisk (UFD) kita kemasukan virus dan ngacak-ngacak file yang ada di dalam UFD. Gua juga pernah, pas ngeprint ke tempat print digital, langsung kena virus lokal yang nyembunyiin file doc gua di UFD.


Gua nemu freeware yang lumayan ampuh untuk memvaksinasi UFD kita. Namanya USB Write Protector.

Cara kerjanya sangat sederhana. Setelah kita download programnya di sini, pindahin program dan folder Languagenya ke UFD kita, taruh aja di root (tidak masuk folder).
Lalu jalankan programnya, untuk memproteksi UFD tinggal pilih opsi ON lalu close.
Cabut UFD kita, dan pasang kembali (udah langsung terproteksi)
Untuk mematikan juga mudah, jalankan programnya, pilih opsi OFF lalu close dan cabut UFD.
Pada saat kita pasang lagi UFDnya udah tidak terproteksi.
Proteksinya membuat UFD kita dalam status Read-Only yang artinya bisa lihat file dan copy file dari UFD tapi tidak bisa meng-edit men-delete atau menambahkan file ke dalam UFD.

Setelah gua coba ternyata lumayan ampuh nih, gua gak bisa nambahin file di UFD gua dalam mode proteksi...hehehe.
Sebenarnya paling enak kalo punya UFD yang ada switch untuk Read-Only tapi sekarang udah jarang nemu.

Bonus (Cara mematikan Autorun pada port USB dan drive optical - OS Win XP)
Masuk menu Start - Run, ketik gpedit.msc lalu OK
Di panel kiri, buka Local Computer Policy - Computer Configuration - Administrative Templates - System.
Lalu di bagian kanan cari 'Turn Off Autoplay', di-doubleklik, set jadi Enabled dan pilih All Drives.
Satu lagi, buka Local Computer Policy - User Configuration - Administrative Templates - System.
Caru juga 'Turn Off Autoplay' dan dibuat enabled untuk all drives.
Dengan cara ini setiap kita pasang UFD, file autorun yang ada di UFD gak akan dijalanin. Virus yang ada di UFD orang lain gak akan langsung jalan ketika dipasang di komputer kita.

Kalau ada saran atau trik lain, silahkan di-share :)