Thursday, February 26, 2009

Motorku mulai ngadat lagi


Kemarin sore pas mau pulang kantor, motor ga bisa hidup meski di-starter berkali-kali. Wah, curiga kabel ke CDI yang masalah nih. Tapi tar aja, gua mau cek busi dulu. Ternyata kepala businya dah menghitam dan basah dengan premium gara-gara distarter berkali-kali. Dicoba tempelin kepala busi ke mesin trus pasang kabel busi dan distarter, ahh apinya nyaris tidak ada.
Langsung buka tutup bodi sebelah kiri dan utak-utik kabel ke CDI, tidak ngaruh juga. Ya sudah, gua coba pakai busi cadangan, bukan busi baru sih, belum sempet beli. Setelah dipasang lumayan bisa hidup tapi sepertinya gak stabil, gpp deh yang penting bisa pulang dulu.

Nah malam harinya Ndy ke rumah nebeng ngeprint lampiran laporan pajak, soalnya printer di rumah dia belum diisi lagi tintanya. Pas mau anter pulang motornya kembali ngadat, gejalanya sama kaya tadi sore. Sialnya gua gak sempet beli busi sore tadi, bengkel udah pada tutup. Nah cara yang paling mudah adalah membersihkan kepala busi, setelah dibersihkan juga tetap gak mau hidup motornya.

Ya wis, aku simpen lagi motornya dan antar Ndy pake mobil. Begitu balik dari tempat Ndy langsung diutak-utik motornya, soalnya kalo ga beres malam ini besok pagi gak bisa ngantor. Akhirnya ambil motor bokap (kebetulan businya sama tipenya) ambil businya trus dicoba... brumm bisa hidup. Pas lagi nyoba, adek gua dateng ke rumah, sekalian aja tanya apa dia punya busi cadangan atau engga.

Di coba lagi pake busi dari adek gua, bisa hidup juga, waaahh kenapa 2 busi gua gak mau hidup ya? Coba dicek lagi mulai dari kabel busi dilepas kepalanya trus dicek setrumnya, ternyata beda-beda ada busi yang warna apinya kebiruan ada yang kemerahan. Yang kemerahan artinya setrum kurang kuat. Setelah coba sana-sini akhirnya keliatan busi2 gua kemerahan semua apinya. Hmmm... berarti besok pagi harus beli busi baru (nyetok 2 biji ah biar aman)

Setelah beres semua, gua ngobrol ama bokap penasaran apa penyebabnya. Memang motor gua ini motor buatan Cina, kelistrikannya rada kurang bisa diandalkan. Bayangin aja, udah lebih dari 4 kali ganti sepul jalan (yang menghasilkan setrum buat hidupin motor) Selalu setelah sekitar beberapa bulan jebol sepulnya. Rencananya hari Jumat mau tukeran motor ama bokap biar motor gua dicek kelisrikannya, bisa ganti koil atau sepul jalan.

Pribadi gua sih udah gak sreg ama motor ini, soalnya semakin hari penyakitnya makin kronis dan butuh perawatan yang ekstra. Gara-gara kelistrikan yang aneh, air aki motor cepet banget menyusutnya, seminggu sekali harus ditambah airnya kalo engga akinya bisa rusak. Tapi masih belum bisa ditinggalin motornya, sayang soalnya kalo dijual kurang laku di pasaran.

Kepengennya kalo Tuhan kasih berkat, pengen ganti ama motor buatan Jepang. Sementara kesengsem ama Suzuki Thunder 125cc, tadinya bingung antara pilih motor laki atau bebek. Kalo bebek pilihannya ke Yamaha Jupiter MX, Honda Blade, Suzuki Shogun. Kalo motor laki yang lain agak mahal (seperti Pulsar, Vixion, Tiger, Megapro) Gua sih cari yang irit bahan bakar biar gak sering minum premium. Cuman karena udah kadung terbiasa bawa motor laki, pengennya motor laki lagi.

Beberapa kali pernah coba bawa Suzuki Thunder, waktu itu dibawa ke Jatinangor, lumayan juga menempuh puluhan kilometer. Kesan gua tenaga motor ini cukup, buat nanjak gunung sambil boncengan sekitar 150kg gak terlalu berat nariknya, padahal itu gigi 2. Secara ergonomi style berkendaranya touring cuman setangnya agak merunduk, cepet pegel dan kesemutan tangan gua. Enaknya sih dikasih raiser biar agak tegak bawanya. Kalo bawa motor bebek seolah melayang di jalanan, apalagi kalo kecepatan diatas 40 kpj.

Yah entah sampai kapan motor gua menemani, asalkan pada waktu yang tepat Tuhan sudah sediakan penggantinya...hihihi!