Tuesday, March 14, 2006

Segala Sesuatu Mendatangkan Kebaikan

Satu temen gua sakit, Sabtu kemarin dia di-opname di rumah sakit. Gejalanya sih panas, tapi gak turun panasnya selama beberapa hari. Setelah dirawat di rumah sakit, kata dokter sih antara Demam Berdarah atau Tipes. Kasihan juga sih, dia sakit en gak bisa beraktifitas. Padahal kesibukannya cukup tinggi.

Jadi refleksi buat gua sendiri, kadang kalo kita terlalu sibuk sampai lupa makan, lupa atur istirahat, ujung-ujungnya stamina tubuh kita jadi melemah, trus rentan ama sakit. Masih mending kalo sakitnya cuman lemes-lemes atau flu, coba kalo sakitnya agak parah, Demam Berdarah atau Tipes... kan jadi menderita.
Makanya gua sendiri berusaha untuk menjaga kesehatan, meskipun gua suka lupa waktu kalo udah asik nge-desain di komputer tapi gua slalu berusaha cukupin minum ama istirahat.

Dulu gua pernah kecelakaan, pas lagi naik motor ditabrak dari kiri, gua pingsan, gak tahu apa yang terjadi. Bangun-bangun udah di rumah sakit, bagian ankle kaki kanan sedang dijahit, katanya sih ada pembuluh darah yang putus karena kena kait pedal rem motor. Gua diopname di rumah sakit semalam siapa tahu ada apa-apa. Trus besoknya udah boleh pulang, tapi setelah beberapa hari di rumah gua ngerasa gak nyaman. Setiap kali kaki kanan menyentuh tanah, sakitnya luar biasa. Ternyata setelah di-rontgen ulang, betis kananku patah, untung patahnya tidak mencuat atau bergeser kemana-mana. Gak lama langsung di-gips dari pangkal paha sampai ujung kaki... hahaha. Jadilah gua susah bergerak selama beberapa bulan. Yang paling menyusahkan itu kalo mau mandi dan buang air besar... coba aja dibayangin gimana susahnya. Pemulihannya sendiri butuh beberapa bulan karena gua mulai belajar jalan kaki lagi, persis kayak anak balita yang belajar jalan, harus pelan-pelan. Efek bagusnya sih badan gua jadi lebih sehat soalnya tiap hari minum susu, makan yang enak-enak... hehehe.

2 tahun kemudian gua kecelakaan lagi, kali ini tabrakan motor dengan motor, head to head!! Pas tabrakan, gua mental kedepan, gua cuma bisa teriak, "Tuhan Yesus tolong!" Kecepatan motor kurang lebih 30 KM/h. Kali ini gua gak pingsan, jadi gua bisa ingat jelas bagaimana kejadiannya. Motor yang nabrak aku yang tidak disiplin, dia nyalip mobil terlalu tengah, yang kena aku. Kaki kananku (lagi) yang jadi sasaran, telapak kaki bengkak gede banget. Kupikir cuman keseleo, tapi ternyata setelah beberapa hari kemudian baru tahu kalo ada lagi tulang yang patah, kali ini tulang telapak, patah 3 biji tulangnya!! Kali ini sih gak perlu di-gips, kata dokternya cukup pake sepatu kets yang ngepas di kaki, kakinya dikasih bebat dulu supaya gak terlalu banyak gerak. Sekarang sih sudah baikan kakinya, udah bisa maen basket dan lain-lain.

Setelah gua renungin, ternyata ada hikmah dibalik kecelakaan yang gua alamin. Dari kecelakaan yang pertama, gua ngerasain kalo Tuhan itu baik banget, sengaja gua dibikin gak tahu pas tabrakannya, soalnya kalo gua masih sadar pas kecelakaan, kebayang sakitnya soalnya kakiku terkait di pedal rem motor. Dari kecelakaan kedua, gua ngerasain kalo Tuhan emang betul-betul baik, bisa aja gua pas mental ke depan ada mobil yang lewat, mungkin sekarang gua udah di surga. Lebih dari itu semua, gua belajar kalo apa pun yang terjadi pasti ada dalam rencana Tuhan. Segala sesuatu mendatangkan kebaikan buat Tuhan dan juga buat gua.