Thursday, March 23, 2006

Nebeng Nonton

Jaman sekarang hampir tiap rumah punya satu biji TV, malah kalau yang tajir bisa punya TV untuk masing-masing kamar, termasuk kamar pembantunya.

Dulu jaman awal 80-an karena TV adalah barang langka dan mewah, kesempatan buat nonton adalah kesempatan yang menggembirakan. Gua masih ingat, saat itu gua baru 1 SD, tiap sore abis mandi pake baju yang bersih trus ama adik-adik gua maen ke rumah tetangga sebelah yang punya TV, acara TV-nya Si Unyil. Entah masih inget gak dengan film Unyil yang sarat ama nasehat-nasehat dan pembelajaran. Baru beberapa tahun kemudian di rumah punya TV sendiri, tetangga juga kadang ada yang nebeng nonton.

Lalu di kota kelahiran gua, Samarinda, mulai heboh dengan Video format Betamax. Mulai deh minjem serian silat, Megaloman, Lionmaru, dan lain-lain. Beberapa diantaranya masih gua ingat jalan ceritanya sampai sekarang. Film seriannya banyak banget kadang sampai 70 seri, yang kasihan ya Video Playernya, harus sering-sering dibersihkan head-nya karena kotor kena debu yang nempel di pita filmnya.

Sekarang apa masih banyak yang nebeng nonton ya? Enak loh kalo nebeng nonton, bisa nonton rame-rame, kalo jagoannya menang kita sorak-sorak. Untung dulu stasiunnya cuman satu, kalo sekarang kan meskipun TV punya sendiri tapi ada aja yang berebut pindah-pindah saluran.

Yah, sekarang sih gua udah mulai jarang banget nonton TV dirumah, udah sibuk, biasanya sampai rumah udah sore dan males nonton TV yang isinya sinetron melulu. Mending juga sesekali nonton DVD di komputer. :)