Monday, April 14, 2008

sexual harassment

Semenjak Cindy terjun ke dunia kerja, yang jelas-jelas beda dengan dunia kampus, ada beberapa hal baru yang ditemui. Salah satunya adalah obrolan-obrolan di tempat kerja.

Ruangan tempat Cindy bekerja diisi oleh 5 orang, 3 laki-laki 2 wanita. Yang wanita satu lagi adalah wakil kepala. Dengan mayoritas rekan kerja udah pada berkeluarga dan tinggal Cindy yang belum menikah tentu obrolan-obrolan yang terjadi lebih condong ke topik yang bisa dibilang HOT! Seperti misalnya ada rekan kerja yang istrinya baru melahirkan, kan musti puasa gituan tuh, temen kerja yang lain dah ngeledekin aja, mereka bilang, "wah, makan indomie lagi nih..hehehe" tadinya kupikir apa itu indomie? ternyata indomie itu mewakili jumlah hari yang harus dilalui tanpa hubungan pasutri, sedus indomie kan isinya 40 buah, sama dengan jumlah hari masa nifas. Ada-ada aja deh.

Lalu ada juga pertanyaan, "eh kalo gituan siapa sih yang ajak duluan?", dilanjutkan dengan macam-macam obrolan lainnya. Cindy yang terjepit ditengah2 hanya bisa bengang-bengong dan pasang muka gemes soalnya dia yang jadi bulan2an. Pernah juga ditanyain pernah nonton film begituan gak? atau pacarnya ngoleksi film gituan gak? jadi almost everyday selalu ada selentingan yang 'dewasa'
Cindy cuman bisa ngadu ke wakil kepala-nya yang wanita, jadi minimal ada yang bisa ngerem 'keliaran' cowo2 di ruangannya.

Parahnya kemarin ini Cindy ditawarin video klip My Heart yang dinyanyiin acha itu, yah ditransferlah pake blutut ke hp. Karena sibuk baru malam hari dibuka, eh tak dinyana ternyata klip bokep yang background musiknya My Heart. Cepet2 dihapus ama Cindy.
Cindy langsung lapor ke gua lewat SMS, gua sih bilang cepetan hapus. Dan Cindy juga mengiyakan udah ngehapus. Gua bener2 gak suka karena cewek gua dijadikan bahan becandaan cowo2 yang gak punya etika dan otak! Gua akuin gua marah, ini kan udah pelecehan namanya, iseng yang kelewatan.

Besoknya gua ceramahin Cindy, kalo di tempat kerja itu tidak boleh ada pelecehan, semisal colek2 lawan jenis, trus ngomong yang berbau melecehkan, apalagi ada konten gak bener. Cindy sekarang udah ngerti, gua titip kalo ada yang gitu lagi langsung lapor ke Personalia biar ditindak. Jangan terus-menerus dimaklumi karena mereka udah berkeluarga. Semestinya yang udah berkeluarga itu lebih bijaksana dan bukan malah mengganggu orang lain yang belum menikah.

Gua juga baca di koran, tentang adanya bis Busway yang khusus wanita. Ada yang cerita kalo dia pernah jadi korban pelecehan, kisahnya dia seperti biasa pepet-pepetan di dalam bus sambil berdiri, trus ngerasa kok co dibelakang kayak bergerak maju-mundur ke arah dia, tapi ah mungkin karena guncangan bis. Setelah turun, gak sengaja dia pegang bagian belakang blazernya, ihhh kok lengket2, ternyata udah nempel tuh cairan mani cowo tadi... gila! dasar sick!

So, gimana dengan kamu? apa ada saran lain untuk mencegah pelecehan ini?