Monday, August 25, 2008

GSM = ON, CDMA = ON

Bukan.. bukan.., gua gak jualan HP Dual-mode yang jelek itu... ekekekek.
Minggu ini layanan Internet Mobile dari kantor gua sudah bisa berjalan di jaringan CDMA. Sebelumnya memang hanya GSM karena cuma satu operator, sekarang kita menggandeng operator lain termasuk salah satu operator CDMA.

Gua termasuk yang beruntung untuk boleh ujicoba sebelum layanan dilempar ke pasar, berbekal HP CDMA yang bisa dijadikan modem, kabel data dan kartu trial. Pas ujicoba gua terkaget-kaget, soalnya kecepatannya lebih tinggi dari yang GSM (GPRS mode).
Kalo biasa GSM GRPS dapetnya upto 64 kbps, yang CDMA 1X bisa dapet upto 153,6 kbps.
GSM 3G juga mestinya bisa upto 384 kbps tapi biasanya dapet upto 70-90 kbps.
So, overall ini lebih kuenceng...ehehehehe.

Gua pernah nyoba donlot file yang agak besar (Albumnya Alicia Keys yang baru - 90 MB) gak butuh waktu terlalu lama, cuma 3 jam udah kelar hehehe, dan hampir tidak ada drop signal. Bikin ngiler aja nih, soalnya ini jauh lebih bagus daripada akses internet dial-up yang lambreta ituh!! :D

Harapannya sih karena pengguna HP CDMA gak terlalu sebanyak GSM, jaringan bisa lebih lega dan internetan bisa lebih lancar.