Friday, August 01, 2008

Transducer & Mixer


(gambar dari www.oaktreeent.com)
Hari ke-2 belajar tentang mikropon dan speaker (transducers)
Satu hal penting, kalo pegang mic harus dekat ama mulut. Trus harga mic yang selangit gak bikin suara elu lebih merdu.
Ngetes mic istilahnya mencari Headroom, soalnya setiap orang kelantangan suaranya berbeda-beda.
Oya, kita kan seneng tuh denger suara di mic yang renyah, setiap ada lafal ch, terasa chiek..chiek.. itu frekuensi 12 KHz. :p (pasti pada gak ngerti)
Speaker punya sudut pancar suara, so taruhnya yang bener, harus diarahkan ke telinga pendengar.

(dari wikipedia)
Hari ke-3 belajar Mixing, bukan pake mixer kue atau apa, tapi ini mixer audio. Satu mixer bisa ampe 64 channel suara. Lumayan ribet sih belajar mixing ini, tapi buat otak gua yang encer ini...hehehehe lumayan lah bisa dimengerti.
Terakhir gua dapet sertifikatnya, dat means gua dah lulus...hehehe.

So, apa yang gua dapet dari seminar yang melelahkan ini? Banyak sekali ilmunya!!! hahahaha.
Sekarang tinggal gua praktekin di gereja dan tularin ke orang lain.