Thursday, March 05, 2009

Mogok, Banjir, Macet... Nasi Pecel

Kemarin malam hujan gede banget di Bandung, bisa deh dilihat di koran lokal Bandung.
Abis jemput Ndy, kita ke Rumkit Immanuel mu jenguk anak pendeta yang sakit DB. Pas kita lagi obrol-obrol eh hujan mulai turun dan semakin lama semakin lebat. Jam 7 kurang kita ke kafetaria rumkit buat dinner, keren juga selesai makan kita musti beresin piring sendiri ke tempatnya. Dan makanannya dilabeli Non MSG... sehatt!

Karena jam 8 ujan gak berenti-berenti akhirnya nekad pulang, di motor udah sedia jas hujan. Pas di parkiran udah siap berangkat, nyalain motor.. brummm.... pret! gak lama mati. Nah loh mungkin businya kebasahan. Sambil Ndy nunggu di bawah pohon besar biar gak terlalu kehujanan, gua ganti busi... belum bisa hidup. Akhirnya mutusin untuk keluar dulu dari tempat parkir. Sambil gua nuntun motor ngantri bayar parkir, Ndy mu jalan kaki duluan tapi sayang dia kurang waspada. Ndy jalan ngelewatin palang parkir yang bisa nutup sendiri... gua dan petugas parkir udah teriak-teriak peringatin dia, tapi gak kedengaran lantaran pakai helm. Lalu... BLETAKKK!! Palangnya turun langsung kena kepala Ndy, untung pake helm... coba kalo engga, bisa benjol besar tuh kepalanya.

Sambil nuntun motor aku omelin Ndy kok gak hati2 jalannya, ampe kebentur palang segala. Keliatan dia mulai merasa panik, dan jalan kaki malah gak lurus kadang ke depan motor gua trus berhenti di tengah jalan padahal ada mobil mau lewat dari belakang, gua cepet2 suruh dia ke pinggir jalan eh malah mematung gak bergerak. Ndy memang sifatnya gitu, semakin panik keadaannya maka cenderung bisa melakukan hal yang ceroboh. Mudah-mudahan sifatnya ini bisa semakin berubah lebih baik ya.. :)

Setelah gua bayar trus nuntun motor ke arah keluar rumkit, eh Ndy nemu tempat terang yang gak kena hujan, lantas motornya gua parkir disitu dan mulai diutak-utik. Buka busi, pasang lagi, trus distarter pake kaki.. gak idup-idup. Cek listrik di kabel busi... prettt prett, apinya besar. Lantas apa yang bikin ngadat?

Akhirnya kepikiran mungkin karburatornya terisi air, soalnya tadi parkir pake standar samping. Ambil obeng trus buka baut pembuangan bensin di karburator, nahhh keluarnya air semua...hahaha pantesan gak mau idup. Setelah 3 kali kuras berarti 30 kali injek starter, akhirnya "it's alive!!" baru bisa hidup... brebet brebet awalnya tapi setelah ditahan gasnya bisa normal lagi. Itung-itung udah nginjek starter lebih dari 60 kali... hasilnya... pegel banget kaki kanan gua...hahahaha. Untungnya Ndy setia dan sabar menunggu usaha perbaikan motornya.

Perjalanan pulang juga masih penuh tantangan, begitu baru masuk jalan Cibaduyut langsung ngantri macet, gua liat jalanan dibanjiri air cukup deras, tingginya 20-30 senti. Sambil nunggu, dari arah berlawanan gua liat banyak yang nuntun motor karena mogok, waduh pasti banjirnya tinggi banget nih, pada mokat motor lainnya. Gua tanya ke 2 orang yang nuntun katanya tinggi banget airnya, gak mungkin tembus kalo pake motor. Ya wis, terpaksa balik arah dan lewat jalan Kopo dengan harapan tidak kena banjir.

Begitu di jalan Kopo sebelum pertigaan gerbang tol, macet kembali menghadang. Kalo yang ini sih emang udah langganan macet apalagi pas ujan, soalnya ada genangan air di dekat gerbang tol yang lumayan tinggi. Mobil-mobil pada cari jalur aman. Gua bawa motor di ruas kanan, soalnya kalo di kiri bisa kejebak macet luamaa banget. Setelah berjuang menembus macet, eh ketemu banjir di bawah terowongan tol, karena disitu juga ada kali yang meluap. Untungnya dengan modal nekad dan gigi motor di posisi 1, trus gas dibuka konstan, motor gua lolos juga.

Nyampe rumah udah jam 9.30, berarti udah 1,5 jam di jalan... cuapek...!!! Langsung mandi, keramas dan keringin rambut. Nonton tv sebentar baru deh bobo.
Oya, siangnya lunch Nasi Pecel asli Madiun. Baru nemu lapaknya di seberang Mie Akung di jalan Lodaya. Lumayan enak, soalnya baru kali ini gua makan Nasi Pecel.


Siang tadi motornya dibawa ke bengkel buat bersihin karburator, takutnya masih ada sisa air.