Monday, October 01, 2007

childhood at samarinda

Waktu kecil gua tinggal di Samarinda, udah kelas lima gua dah pindah ke Bandung. Dulu waktu kecil gua bukan anak yang pemberani, lebih tergolong ke golongan rata-rata. Karena gua cina, udah kenyang diejekin ama temen-temen yang bukan cina. Dari kelas 1-4 gua tergolong pinter, ranking selalu antara 1-3. Johan, itu saingan gua dari kelas satu, selalu gantian rankingnya, kalo gak dia yang ranking 1 ya gua yang ranking 1. Masih inget gua, kalo dulu sekolah pake tas koper Apollo atau President. Kalo sekarang dipake? hehehe norak abis.

Rumah gua dulu di Samarinda letaknya di gang, rumahnya model panggung, jadi lantai rumah itu tingginya 1 meter dari tanah. Bahannya dari papan, kebanyakan dari kayu besi/ulin. Ranjang gua juga dari papan, tingginya 1 meter, gak pake springbed kayak sekarang, tidurnya cuman karpet plastik beralas papan kayu. Dulu kalo mimpi jatuh dari langit, biasanya paginya pas bangun udah dilantai, bayangin jatoh dari ketinggian 1 meter pas bobo. Di bawah rumah suka ada ayam keliaran cari makan. Trus pernah juga pas ada kebakaran, kita cepet-cepet ngungsi ke kantor bokap.

Senengnya nonton TV, cuman ada TVRI ya dinikmati saja. Si Unyil, Aneka Ria Safari, Highway to Heaven adalah sebagian program yang suka ditonton. Masih inget juga kalo waktu itu jamannya nonton video format Beta. Nonton Goggle V, Megaloman, Voltus, Lionmaru jadi santapan gua waktu itu. Sedangkan bonyok nonton film silat cina. Dulu pas belum ada TV, gua nebeng nonton di tetangga, inget banget sore2 abis mandi trus dibedakkin, bis itu ke tetangga nebeng nonton.

Samarinda itu kota tepian Mahakam, artinya kota yang dibelah oleh sungai Mahakam, biasanya sebulan sekali gua diajak main ke rumah paman di tepi sungai. Biasanya gua ke belakang rumah yang langsung bersentuhan dengan pinggir sungai. Dari beranda itulah gua suka banget merhatiin kapal-kapal yang lewat. Kadang-kadang kalo lagi beruntung bisa lihat orang lagi boker, liat eek yang nyemplung ke sungai. Lebih beruntung lagi kalo pas liat ada anak-anak yang nyemplung2 ke sungai deket tempat eek itu jatuh. :D

2 bulan sekali biasanya diajak naik mobil pikap ke jembatan yang menghubungkan Samarinda dengan Balikpapan. Kita rame-rame duduk di belakang pikap, sore-sore nyebrang jembatan. Kalo lagi beruntung bisa lihat ikan pesut lagi berenang di sungai Mahakam itu.

Sudah seumur RCTI gua meninggalkan kota Samarinda itu, gak kepengen sih balik lagi, soalnya waktu ninggalin masih kecil jadi gak terlalu berat.