Thursday, May 15, 2008

Perpanjang SIM C


Rabu kemarin gua cuti khusus buat perpanjangan SIM C gua yang bakal abis Juni ntar. Info dari bokap sih butuh waktu lebih dari 3 jam, makanya gua cuti aja.

Hari Rabu pagi jam 8 cabut dari rumah ke arah Banjaran, Soreang dengan bokap, masing-masing bawa motor biar bokap bisa pulang duluan.
Perjalanan jauh juga rupanya, ada kali 30 menit perjalanan.

Sampai di Polres, kita parkir trus ke toko fotokopi buat beli Map merah untuk proses perpanjangan, kalo yang kuning untuk pemohon baru. Gua udah siapin fotokopi KTP dan SIM lama dari rumah. Trus kita jalan kaki 200 meter ke Klinik Kesehatan yang ditunjuk untuk ngedapetin Surat Keterangan Kesehatan. Pas ambil nomor, gua dapet 163, sedangkan dokter baru manggil seratus sebelasan... waaaa bakal lama nih nunggunya.

Tahu bakal lama nunggu, bokap ngajak gua balik ke Polres buat diterangin prosedur-prosedurnya, setelah gua paham, bokap ninggalin gua.
Gua balik lagi ke klinik nunggu dipanggil nomornya. Sambil nunggu rupanya banyak yang tidak tahu prosedurnya, jadi gua kasih tahu langkah-langkahnya...hehehe jadi orang baik nih.

1/2 jam kemudian gua dipanggil, masuk ke ruangan trus ditanya tinggi dan berat badan. Trus dicek apa bisa baca tulisan kecil, eh malah dibecandain ama yang jaga, katanya kok SIM yang lama fotonya kayak anak kecil...hahaha awet muda donk, kata gua. Trus pindah ke meja dokter buat tes buta warna, selesai tinggal bayar ceban.

Balik lagi ke Polres buat nunggu panggilan pembayaran. Setelah nunggu 20 menit, gua dipanggil, gua bayar 60 ribu, dapet kwitansi pembayaran. Disuruh nunggu lagi buat di foto.
Sambil nunggu, ada pengumuman kalo listrik lagi padam, harus nunggu lagi 1/2 jam baru nyala...haiyaaa...payah banget nih.

40 menit kemudian baru gua dipanggil untuk melengkapi formulir dan tandatangan di specimen buat tar ditaroh di SIM.
Dah gitu masuk ke ruang foto, konfirmasi data sebentar, en cepret! Pindah ke ruangan lain buat nunggu SIM baru, eh baru nunggu 1 menit udah jadi SIM-nya... hehehe ganteng juga, tapi lebih chubby dibanding dahulu kala.

Overall asik juga perpanjangan SIM kali ini, bebas calo, teratur dan cepat prosesnya. Biaya cuman 60 ribu buat perpanjang, 75 ribu buat bikin baru. Salut deh buat aparat yang bikin proses pengurusan SIM jadi mudah.

Nah yang bikin baru lebih susah dapetnya, soalnya harus lulus ujian teori dan ujian praktek. Yang ujian praktek susah keliatannya, musti bawa motor zigzag trus bikin angka 8...fiuh, gua bisa gak ya? Apalagi kalo gua mau ambil SIM A? wedeh2...