Thursday, February 23, 2006

Pecel Lele


Gua mendadak jadi punya ide buat nulis tentang makanan ini, setelah chat ama seseorang :P

Lele atau Catfish buat kebanyakan orang terlihat menjijikkan, mungkin karena habitatnya yang sedikit jorok atau makanannya yang gua sendiri gak tau apaan.

Di sebelah halaman kantor gua ada kios kecil yang jual Pecel Lele dengan Nasi Uduk, sederhana sih tapi rame dikunjungin apalagi ama karyawan di kantor, maklumlah lokasinya paling dekat ama kantor.

Buat yang belum tahu, Pecel Lele itu dibuat dari ikan lele yang digoreng sampai kering, pokoknya kalo dimakan dagingnya kriuk-kriuk. Pake bumbu pecel yang ramuannya kacang, bumbu-bumbu jadinya mirip bumbu gado-gado tapi agak encer dan sedikit pedas. Nah, paling enak makannya dengan Nasi Uduk (nasi putih yang dimasak pake santan) yang ditaburi bawang goreng, trus ada tahu dan tempe goreng, gak lupa Saladnya (mentimun, kol, kacang panjang)

Makannya pun paling nikmat kalo pake tangan, kerasa anget-angetnya gorengan lele dan nasi uduk. *slurrppp* kadang kalo gua ampe nambah nasi uduknya setengah piring... hehehe. Daging lele itu mirip dengan daging ikan umumnya, tidak begitu berserat dan gampang dikunyah.

So, itulah Pecel Lele... buat yang belum nyobain, cobain deh pasti ketagihan.