Thursday, February 16, 2006

Pelangi… pelangi…

Kalo penulis punya writers block, mungkin designers punya clog…

Kadang-kadang imajinasi buntu juga, mu ngegambar tapi gak ada ide, dari sekian banyak warna yang Tuhan ciptakan kok gak ada satu pun yang pas di hati? Lucu juga sih… sampai saking buntunya, gua search di web buat warna-warna yang bagus… eh malah ketemu tool buat generate kombinasi warna, lumayan useful… :)

Tapi yang paling parah kalo deadline udah ngetok2 pintu tapi otak masih hang… gimana caranya bikin desain yang bagus dalam waktu yang singkat? Setelah kepepet kok ya mendadak ada ide, gak tau apakah karena terpaksa atau idenya baru mau nongol setelah dipepet-pepet…

Spektrum warna itu cuman dikit, namun paduannya bisa tak terhingga… mulai dari duo-tone, tri-tine, quad-tone sampai full-color…. Warna-warna itu sendiri punya sifat yang khas, biru selalu kalem dan menyejukkan, merah membuat kita bersemangat malah kadang-kadang emosian, hijau bikin kita melek, oranye menceriakan hidup kita supaya lebih energik, kuning yang katanya warna pengecut tapi bisa membuat semua yang gelap-gelap jadi sirna, putih dan hitam selalu menjadi sobat yang seimbang, mungkin itu sebabnya yin-yang dilambangkan hitam-putih. Kombinasi warna itu sendiri juga ada seninya, gak bisa sembarang campur, nantinya malah aneh kesannya.

Ungu dan oranye, hijau dan merah, biru dan kuning, hitam dan putih sudah bisa jadi partner yang saling mendukung. Tapi harus hati-hati menambahkan warna ketiga, bisa-bisa kacau harmoninya.

Mungkin hanya pengalaman dan citarasa seni yang bagus yang bisa menciptakan harmoni-harmoni baru. Udah bertahun-tahun gua geluti dunia desain tapi selalu saja ada hal baru yang bisa dipelajari…. Menarik.

Mungkin ada teman-teman pembaca blog gua yang punya pengalaman menarik dengan warna? Ditunggu commentnya… :)

Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi ciptaan Tuhan