Monday, July 07, 2008

Guru Bahasa Indonesia-ku


iya... gua emang culun dulu... udah, gak usah ketawain... tar kualat loh! :D

Itu Walikelas 3 IPA dulu, namanya bapak Soeminto, ngajar Bahasa Indonesia. Hampir separuh hidupnya diabdikan buat ngajar Bahasa Indonesia, salut pak! Kendaraannya adalah Vespa coklat.

Yang gua ingat dari bapak ini selain botaknya, adalah kumisnya...hahahaha! Paling subur dibanding kepala soalnya. Dan beliau sangat tidak suka kalo ada orang teriak, 'Botak!' Meski gak ditujukan buat dia, tapi kalo dia denger, langsung marah dan mukul yang teriak.
Meski pukulannya bercanda dan pelan, tapi lantaran 3 buah cincin akik segede telur puyuh di tangannya, sakit terasa! Dan kebiasaan mukul pake batu akik ini selalu ada di setiap pelajaran Bahasa Indonesia, murid yang gak bisa jawab, ngantuk atau bikin onar pasti kena bogem di bahu.

Paling seneng godain murid perempuan, kalo disapa pasti senyum-senyum melulu. Maklum, si bapak belum punya istri alias bujangan tulen. Selalu pakai minyak wangi yang khas, kalo deket2 murid perempuan selalu bilang, "Wangi gak? Wangi gak?

Pernah ada satu kejadian lucu, beliau dari pagi masuk kelas selalu mengeluh ada bau taik, jadi murid2 'dihajar' karena dituduh buang angin, bahkan sampai usai sekolah juga masih mengeluh ada bau taik. Besoknya, beliau cerita bahwa rupanya bau itu gara2 dia abis BAB, cebok dan ngusap kumis... baru cuci tangan. Murid2 terpaku! Dan seketika ketawa walau cuma sebentar, soalnya beliau mulai 'menghajar' murid yang ngetawain dia. Hahahaha, pantes aja bau sepanjang hari, wong biang baunya nempel deket idung.. iihhh!

Meskipun 'hajaran'nya sakit, tapi beliau guru yang baik hati, kalo ketemu di kantin dan kita rayu2 supaya ditraktir, eh ditraktir beneran loh. Trus kalo ngasih nilai gak pernah pelit, pembulatan nilai selalu ke atas. :D

Sekarang gua gak tahu lagi keadaan bapak guru ini. But tenang aja, gua bakal ingat ajaran beliau, terbukti dengan bahasa posting gua yang ngaco ini. :D