Monday, February 05, 2007

motor ngadat lagi ...

Aduh jangan bosen ya denger kisah tentang motorku, waktu lalu udah ganti sepul jalan yang harganya cukup mahal.. sekarang ada lagi penyakit baru.

Bermula dari hari sabtu kemarin gua ada rencana jemput Cindy ke kampus, setelah pulang kantor gua bawa motor ke tempat cuci motor langganan gua. Selesai motor dicuci gua nyalain dan seperti yang diduga ada kemasukan air ke karburator, langsung deh keluarin jurus motor kencing dipaksa. Sembari keran bensin ditutup, gua buka saluran pembuangan bensin dari karburator.. currr... setelah habis baru gua buka lagi keran bensinnya. Bremmm!!!! Motor gua langsung hidup.

Tapi ternyata ada penyakit baru, sekira 15 menit gua jalan, nyampe bilangan perlintasan kereta api di jalan Sunda motor gua tersendat-sendat lagi jalannya. Setelah menepi gua ulangi lagi jurus motor kencing dipaksa. Tapi tidak menyelesaikan masalah, gua buka businya warnanya item, ganti dengan busi cadangan tetap gak mau idup. Waduh cilaka, Cindy keluar kuliah 2 jam lagi. Akhirnya daripada gua nuntun motor gak jelas arah, gua tinggal motornya buat nyari bengkel terdekat. Nanya ke tukang parkir, untung ada bengkel yang dekat sekitar 20 meteran cuman emang gak keliatan dari tempat gua berhenti.

Setelah nuntun motor ke bengkel itu, gua langsung minta dicek, mungkin businya udah mati. Yang nyerpis motor gua bapak-bapak udah tua, sambil nyerpis dia cerita panjang lebar. Mulai dari awal dia buka bengkel sejak tahun 1970an (gila gua aja belon lahir) sampai cerita anaknya yang diterima di bengkel Honda yang besar. Singkat kata dia menawarkan nyoba CDI bekas punya dia, soalnya CDI gua lemah pengapiannya. Setelah dicoba diganti ternyata langsung hidup tuh motor... horee puji Tuhan! Setelah nego-nego harga buat CDI bekasnya itu, gua harus keluarin duit 80 ribu. Si bapak ngetes motor dulu, dibawa jalan... buset dah udah tua motor gua digas ampe pol. Usia boleh tua tapi semangat sembalapnya bak anak muda.

Dengan santai gua mulai melanjutkan perjalan menjemput sang kekasih. Hingga sampai di kampus tidak ada kelainan lagi. Sambil pulang ke arah rumah, koq si motor mulai sakit lagi. Baru setengah jalan udah tersendat-sendat lagi... aduh Tuhan, jangan mogok dulu donk.. gua berdoa at least sampai rumah baru deh motornya boleh mati. Nah, sepanjang jalan gua dan Cindy berdoa supaya gak mati motornya, kadang si motor jalannya lancar, kadang tersendat. Kilometer demi kilometer dilalui, tanpa terasa udah sampai komplek lagi. Ternyata Tuhan itu benar-benar mendengar doa kami, selesai nurunin Cindy dirumahnya, si motor matek seketika. Aduh, Tuhan mbok ya diperpanjang nyawanya, sampai rumahku gitu. Eh, bisa hidup lagi dan lagi-lagi begitu sampai di rumah gua, langsung matek lagi.

Udahlah, gua gak mau pusingin motor dulu. Gua musti cepet2 mandi en ke gereja buat persekutuan, nyobain motor mah besok lagi aja.

Hari Minggu seusai ibadah, gua pulang ke rumah dengan Cindy, setelah kenyang makan nasi ditemani ayam rendang gua langsung nyobain tuh motor... .eh hidup lagi dia... hore berarti besoknya ngantor gak masalah deh. Hari Minggu dilalui dengan tidur sore selama 2 jam, lalu meeting Majelis selama 3 jam.

Senin pagi gua ngantor bareng adik gua yang cewe, belum juga keluar komplek, si motor mulai terbatuk-batuk lagi... oh NO!! Ah, cepet-cepet gua balik lagi ke rumah, nuker ama motornya bokap. Alhasil hari ini gua telat masuk ngantor selama 2 menit... !!! Siangnya gua nelepon ke rumah nanyain nasib si motor, bokap bilang tadi udah diserpis, ganti koil soalnya gejala penyakitnya mirip ama mobil. Kalo udah panas suka mau mati, nah sedangkan CDI-nya sendiri gak kenapa-kenapa... bahkan CDI lama gua juga normal-normal aja. Walaaahh!!! Akhirnya udah deh gua mutusian untuk tidak lagi mencucikan si motor ke tempat cuci yang pake semprot-semprot... cucinya cuman goceng tapi gua musti nebus gede buat kerusakan yang timbul.

Moga-moga si motor tetap awet, tidak sakit-sakitan lagi ya... :)